TUGAS AKHIR : SISTEM PROTEKSI KECEPATAN DAN MONITORING POSISI KENDARAAN SEPEDA MOTOR

PERMONO, BHIMO SATRIO and ALIMUDIN, ERNA and PRATIWI, ARTDHITA FAJAR (2024) TUGAS AKHIR : SISTEM PROTEKSI KECEPATAN DAN MONITORING POSISI KENDARAAN SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.

[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (233kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pemilik kendaraan sepeda motor terbanyak. Dengan banyaknya kendaraan bermotor, angka kecelakaan juga meningkat. Salah satu penyebab utama kecelakaan adalah berkendara dengan kecepatan tinggi. Batas kecepatan untuk sepeda motor di kawasan perkotaan adalah 50 km/jam. Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, dibuat sistem proteksi kecepatan dan monitoring posisi kendaraan sepeda motor. Sistem ini akan mengaktifkan buzzer sebagai peringatan ketika kecepatan mencapai 50 km/jam. Jika pengemudi mengabaikan peringatan ini dan melaju hingga 60 km/jam, aliran listrik sepeda motor akan terputus oleh relay dan akan terhubung kembali saat kecepatan turun hingga 50 km/jam. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan ketika kecepatan kendaraan sepeda motor sampai 50 km/jam buzzer dapat menyala dan ketika kecepatan sampai 60 km/jam kelistrikan motor terputus oleh relay dan dapat tersambung lagi pada kecepatan 50 km/jam. Selain itu pengujian juga dapat memantau posisi kendaraan, digunakan aplikasi flutter yang menampilkan koordinat latitude dan longitude dengan perbandingan dari aplikasi dengan alat ukur tingkat error sebesar 0,0001%, yang membuat pengujian cukup valid. Aplikasi juga bisa menampilkan kecepatan sepeda motor dengan selisih maksimal 0,25% dibandingkan dengan speedometer. Aplikasi ini juga dapat menampilkan gambar yang diambil oleh ESP Cam dan mengirimkannya ke aplikasi. Pembaruan data pada aplikasi berlangsung setiap 7 detik, sedangkan pembaruan gambar terjadi setiap 10 hingga 20 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aplikasi flutter, proteksi kecepatan, buzzer, relay, sensor GPS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Elektronika
Depositing User: Bhimo Satrio Permono
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:23
Last Modified: 27 Aug 2024 02:23
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item