TUGAS AKHIR : SISTEM INFORMASI MONITORING PELAYANAN DAN KEJADIAN POSKO PENANGGULANGAN BENCANA BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN CILACAP

AFIFAH, MAYA NUR and PRABOWO, ANNAS SETIAWAN and PRASETYA, NUR WACHID ADI (2024) TUGAS AKHIR : SISTEM INFORMASI MONITORING PELAYANAN DAN KEJADIAN POSKO PENANGGULANGAN BENCANA BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN CILACAP. Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, HALAMAN ROMAWI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, BIODATA PENULIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada Posko Penanggulangan Bencana (PB) di PMI Kabupaten Cilacap, laporan harian masih dibuat semi konvensional menggunakan Microsoft Word dan dikirim via WhatsApp, sering menyebabkan pesan terlewat. Data dari lapangan harus dianalisis petugas sebelum diinput ke spreadsheets, mengakibatkan keterlambatan. Petugas lapangan tidak bisa langsung menginput data dan harus menyerahkannya kepada staf PMI, yang sering terkendala waktu. Pemantauan oleh PMI Jawa Tengah tidak terstruktur dan bergantung pada laporan yang sering terlambat. Staf PMI juga menggunakan WhatsApp untuk mengatur jadwal relawan, yang sering tenggelam dalam percakapan grup dan menyebabkan ketidakpastian. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengembangkan membangun sistem informasi monitoring pelayanan dan kejadian pada posko penanggulangan bencana berbasis website. Sistem ini membantu admin, relawan, pengurus, dan PMI Jawa Tengah dalam hal yang berkaitan dengan posko pb seperti pemantauan penerima manfaat pelayanan PMI, distribusi logistik, pemantauan laporan pelayanan atau kejadian dan pemantauan piket harian di posko pb. Pengembangan sistem menggunakan metode prototype yang memungkinkan interaksi antara pengembang selama proses pengembang. Tahapan metode prototype meliputi komunikasi, perancangan, permodelan, pembentukan prototype, penyerahan sistem. Berdasarkan penelitian, sistem ini Petugas lapangan juga dapat dengan mudah mendata kejadian atau layanan, dan PMI Jawa Tengah dapat memantau laporan secara real-time. Sistem ini juga memudahkan penjadwalan petugas posko, di mana petugas hanya perlu mendaftar sesuai jadwal yang tersedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PMI, Posko Penanggulangan Bencana, Sistem Informasi, website, prototype, monitoring.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Maya Nur Afifah
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:36
Last Modified: 23 Aug 2024 06:36
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item