TUGAS AKHIR PERANCANGAN DAN PROSES PRODUKSI RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK (SEMOLI) GENERASI 3

SETYAWAN, ILHAM RIZKY and GIRAWAN, BAYU AJI and LAKSANA, NUR AKHLIS SARIHIDAYAH (2023) TUGAS AKHIR PERANCANGAN DAN PROSES PRODUKSI RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK (SEMOLI) GENERASI 3. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sepeda motor listrik adalah alat transportasi yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energi. Rangka sepeda motor listrik memiliki peran penting dalam menghubungkan komponen dan menopang beban komponen. Tujuan tugas akhir ini bertujuan untuk merancang rangka sepeda motor listrik yang ergonomis, melakukan analisis perhitungan tegangan maksimum menggunakan software solidworks 2018, mengembangkan proses pembuatan rangka yang efisien dan mudah di bending, serta melakukan uji ergonomis untuk mengevaluasi kenyamanan pengendara. Metode penyelesaian Tugas Akhir yang digunakan adalah pendekatan pada metode Ibrahim Zeid meliputi konsep, desain, pengembangan, produksi, dan pemasaran. Hasil rangka sepeda motor listrik generasi 3 dengan model sport menggunakan material pipa ASTM A53 dengan dimensi 25,4 mm tebal 1,8 mm dan 38,1 mm tebal 2 mm. Rangka memiliki dimensi yang meliputi sudut kemiringan komstir 26°, panjang total 1277 mm, tinggi total 699 mm, tinggi rangka tempat duduk 558 mm, dan lebar 237,8 mm. Perhitungan menunjukkan bahwa tegangan maksimal pada rangka adalah 139,477 N/mm² (MPa), yang lebih rendah dari batas tegangan ijin sebesar 163,2 N/mm² (MPa) dan analisa menunjukkan bahwa tegangan maksimal pada rangka adalah 149 N/mm² (MPa), yang lebih rendah dari batas tegangan ijin sebesar 163,2 N/mm² (MPa). Rangka diberi beban statis sebesar 167 Kg atau 1636,6 N. Penyambungan rangka menggunakan pengelasan SMAW (Shielded metal arc welding) dengan elektroda RD-260 berdiameter 2mm x 300mm. Proses bending rangka menggunakan alat hydraulic pipe bending. Kesimpulan dari pengujian ergonomis, dapat disimpulkan bahwa SEMOLI generasi 3 memiliki tingkat kenyamanan yang "Sangat ergonomis" untuk aspek tempat duduk pengendara dan posisi kaki pengendara dengan nilai rata-rata 92% dan 93% secara berturut-turut. Desain sepeda motor listrik generasi 3 lebih ergonomis dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu generasi 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor listrik, perancangan rangka, ergonomis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: Ilham Rizky Setyawan
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:26
Last Modified: 16 Aug 2023 01:26
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item