SISTEM PEMESANAN MENU PADA CAFE BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS CAFE MISCHIARA KAWUNGANTEN)

JUAN, PIERE and BAHRONI, ISA and PRABOWO, ANNAS SETIAWAN (2023) SISTEM PEMESANAN MENU PADA CAFE BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS CAFE MISCHIARA KAWUNGANTEN). Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.

[img] Text
COVER Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB 1 Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2 Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 3 Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN Laporan Tugas Akhir PIERE JUAN 2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cafe Mischiara merupakan satu satunya cafe yang ada di Cilacap, Kawunganten. Didalamnya pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan di café mischiara masih dilakukan secara manual dengan mengantri dibagian depan kasir. Terbatasnya jumlah pegawai yang ada, membuat kegiatan pemesanan menjadi lama, yang dapat menimbulkan permasalahan lain bagi pegawai dan pelanggan, dan juga laporan penjualan yang masih menggunakan konsep paper based. Pada penelitian ini dibuatlah sistem informasi untuk kegiatan pemesanan yang bertujuan untuk membantu pegawai dalam proses melayani pelanggan, dan memantau hasil penjualan. Serta memudahkan pelanggan dalam proses pemesanan menu, tanpa ada lagi proses antri untuk memesan menu. Memudahkan pemilik juga, dalam melihat dan memantau penjualan secara langsung. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, dengan metode pengujian ¬Blackbox. Bahasa pemrogram yang digunakan adalah PHP serta menggunakan Framework Codeigniter 4, dengan CSS dari Bootstrap 5. Hasil yang diperoleh dari sistem informasi pemesanan ini adalah sistem informasi yang dapat memudahkan pegawai dalam mengelola proses pemesanan. Memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan. Kemudian juga memberikan kemudahan bagi pemilik dalam memantau penjualan secara real time, dan menghasilkan laporan penjualan. Berdasarkan hasil kuesioner secara kesuluruhan yang dilakukan oleh 10 responden, skor atau hasil yang diperoleh yaitu sebesar 88,86% yang berarti sangat setuju dalam hal usability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cafe, pelayan, pelanggan, pemesanan, sistem
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Piere Juan
Date Deposited: 01 Sep 2023 00:38
Last Modified: 01 Sep 2023 00:38
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item