TUGAS AKHIR : PERANCANGAN KURSI RODA ELEKTRIK DENGAN PENGEMBANGAN FUNGSI KEMUDI DAN RANGKA DUDUK

ATMOJO, PRASETYO DWI and LAKSANA, NUR AKHLIS SARIHIDAYA and TARIGAN, ROY ARIES PERMANA (2023) TUGAS AKHIR : PERANCANGAN KURSI RODA ELEKTRIK DENGAN PENGEMBANGAN FUNGSI KEMUDI DAN RANGKA DUDUK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB 3_protected.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_protected.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_protected.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kursi roda adalah alat bantu kesehatan yang membantu seseorang yang memliki kekurangan fisik ataupun mempunyai masalah dengan kesehatannya yang tidak memungkinkan atau atau tidak bisa lagi berjalan. Kursi roda umumnya digerakan secara manual menggunakan kekuatan tangan atau dengan bantuan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang kursi roda elektrik dengan pengembangan fungsi kemudi dan rangka duduk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode VDI 2222 sebagai acuan dalam melakukan perancangan kursi roda elektrik dengan pengembangan fungsi rangka duduk. Sofware gambar menggunakan solidwork 2020 dan gambar kerja menggunkan standar ISO. Dari metode yang penulis gunakan sebagai acuan dalam melakukan perancangan kursi roda elektrik dengan pengeembangan fungsi kemudi dan rangka duduk, didapatkan hasil dokumen gambar yang selanjutkan akan digunakan dalam proses produksi. Hasil perhitungan elemen mesin pada kursi roda elektrik dengan pengembangan fungsi kemudi dan rangka duduk, diameter poros yang digunakan adalah 12 mm. Rantai yang digunakan jenis roller chain dan sprocket yang digunakan dengan jumlah gigi sprocket penggerak 11 T dan sprocket yang digerakan 34 T. Rangka menggunakan pipa stainless steel 304 dengan tegangan tarik 250 N/mm² dan tegangan maksimal pada rangka adalah 13,29 N/mm². Motor yang digunakan adalah motor DC dengan daya 250 watt, kecepatan 3000 rpm dan torsi 2,5 N.m. Baterai yang digunankan adalah baterai aki basah dengan arus minimal 20,8 A dan daya tahan pemakaian 1,3 jam atau 1 jam 20 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kursi roda, Metode perancangan, elemen mesin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: PRASETYO DWI ATMOJO
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:08
Last Modified: 24 Aug 2023 06:08
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item