TUGAS AKHIR : PERANCANGAN TRANSMISI DAN PENGUJIAN SEPEDA MOTOR LISTRIK (SEMOLI) GENERASI 2

Sunandar, Rizky and GIRAWAN, BAYU AJI and Akhlis, Nur Sarihidaya Laksana (2022) TUGAS AKHIR : PERANCANGAN TRANSMISI DAN PENGUJIAN SEPEDA MOTOR LISTRIK (SEMOLI) GENERASI 2. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,HALAMAN ROMAWI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sepeda motor listrik adalah alat transportasi dengan penggerak motor listrik tanpa ada pedal pengayuh. Transmisi merupakan bagian penting karena berfungsi meneruskan putaran dari penggerak utama menuju roda belakang. Sepeda motor listrik telah dibuat sebelumnya di Politeknik Negeri Cilacap oleh Fatih Annasir pada tahun 2020. Hal yang menjadi pembeda yaitu pada transmisi yang sebelumnya menggunakan sprocket dan rantai yang merupakan transmisi tetap, menjadi transmisi variabel. Modifikasi transmisi pada sepeda motor listrik ini diharapkan dapat membuat torsi yang dikeluarkan dapat disesuaikan dengan medan jalan yang dilalui. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah melakukan perancangan transmisi variabel pada sepeda motor listrik, melakukan perhitungan transmisi agar dapat menanjak pada elevasi 21°, melakukan pengujian performa sepeda motor listrik. Metode yang digunakan dalam perancangan transmisi yaitu dengan mengganti jenis transmisi, melakukan perhitungan empiris, dan pengujian pada jalan mendatar dan jalan menanjak. Hasil perancangan transmisi transmisi variabel mengadaptasi Continuously Variable Transmission (CVT) sepeda motor MIO dengan rasio roda gigi reduksi sebesar 3,23. Penerus daya motor BLDC menuju poros pulley menggunakan jenis kopling tetap dengan pengunci baut. Kecepatan maksimal sepeda motor listrik adalah 39 Km/jam pada jalan datar dan 25 Km/jam pada jalan menanjak dengan kemiringan 21°. Dibandingkan sepeda motor listrik generasi 1 maka terdapat peningkatan kecepatan maksimal pada jalan datar dari 33 km/jam menjadi 39 km/jam. Sedangkan pada jalan menanjak dari 12 Km/jam menjadi 25 Km/jam. Kata kunci : sepeda motor listrik, Continously Variable Transmission (CVT), perhitungan transmisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor listrik, Continously Variable Transmission (CVT), perhitungan transmisi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: Rizky Sunandar
Date Deposited: 09 Sep 2022 00:40
Last Modified: 09 Sep 2022 00:40
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item