TUGAS AKHIR : PERANCANGAN DAN UJI DISPLACEMENT RANGKA MOBIL LISTRIK WIJAYAKUSUMA 01 TIPE BUGGY DENGAN APLIKASI SOLIDWORKS

SYAHRIZAL, FABIAN YASYKUR and JATI, UNGGUL SATRIA and PRABOWO, DIAN (2023) TUGAS AKHIR : PERANCANGAN DAN UJI DISPLACEMENT RANGKA MOBIL LISTRIK WIJAYAKUSUMA 01 TIPE BUGGY DENGAN APLIKASI SOLIDWORKS. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
1. Pendahuluan Laporan.pdf

Download (765kB)
[img] Text
2. Bab 1 Laporan.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3. Bab 2 Laporan.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. Bab 3 Laporan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab 4 Laporan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab 5 Laporan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
7. Lampiran Laporan.pdf

Download (8MB)

Abstract

Mobil listrik atau molis adalah salah satu jenis mobil yang memanfaatkan energi listrik sebagai bahan bakar utama, sehingga dapat mengurangi dampak polusi udara akibat gas hasil pembakaran mobil berbahan bakar minyak. Mobil buggy merupakan jenis kendaraan roda empat dengan ukuran mini yang memiliki kemampuan untuk melewati berbagai medan. Rangka merupakan tempat yang digunakan untuk menempatkan komponen pendukung mobil listrik. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang desain rangka yang dapat menahan beban dari pengemudi dan komponen, menghitung pembebanan yang dialami rangka, melakukan simulasi uji displament pada desain rangka, dan melakukan uji ergonomis pada kursi kemudi mobil listrik. Jenis rangka yang digunakan pada Mobil Listrik Wijayakusuma 01 adalah rangka dengan jenis tubular space frame. Perancangan rangka Mobil Listrik Wijayakusuma 01 menggunakan metode Verein Deutsche Inginieuer 2222 (VDI 2222) dan aplikasi yang digunakan adalah aplikasi SolidWorks. Perancangan dimulai dengan mengidentifikasi masalah yang ada, dilanjutkan mengkonsep dan merancang rangka. Material yang akan digunakan pada rangka Mobil Listrik Wijayakusuma 01 adalah pipa baja ST-37 atau setara dengan AISI 1045 berdiameter 25,4 mm dan tebal 3 mm. Hasil perancangan dari rangka dihasilkan rancangan rangka dengan ukuran 2,05 × 0,85 × 1,1 m. Beban yang harus ditahan oleh rangka sebesar 158 kg dengan gaya yang bekerja sebesar 1548,4 N. Tegangan maksimal yang dihasilkan pada rancangan rangka Mobil Listrik Wijayakusuma 01 adalah sebesar 388,561 MPa, sedangkan tegangan yang diijinkan adalah 464 MPa, sehingga rangka tersebut dapat dikatakan aman. Rangka Mobil Listrik Wijayakusuma 01 disimulasikan pada aplikasi SolidWorks untuk mendapatkan hasil displacement (defleksi) yang dialami pada rangka sebesar 2 mm. Hasil uji ergonomi pada rangka Mobil Listrik Wijayakusuma 01 didapatkan tingkat kenyamanan yang dapat dikategorikan “Nyaman” dengan nilai rata-rata 85,8% untuk posisi duduk, 84,3% untuk posisi tangan terhadap kemudi, dan 83,2% untuk posisi kaki terhadap pedal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: Fabian Yasykur Syahrizal
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:01
Last Modified: 27 Sep 2023 01:01
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item