TUGAS AKHIR : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAKAN DAN BACAAN WUDHU MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE ANDROID

MUJILESTARI, TRI and SUPRIYONO, ABDUL ROHMAN and BAHRONI, ISA (2022) TUGAS AKHIR : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAKAN DAN BACAAN WUDHU MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE ANDROID. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
Cover.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pusataka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mengingat berkembangnya pengguna smartphone yang semakin berkembang dari tahun ke tahun dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Smartphone sering kali dianggap sebagai faktor menurunnya prestasi anak. Padahal smartphone dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang diciptakan untuk membantu proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang interaktif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang interaktif membantu pengajar dalam menyampaikan materi dengan menarik. Penelitian ini diambil dari studi lapangan dengan guru dan juga siswa sekolah dasar di SDN Karangbenda 01, Kecamatan Adipala. Media pembelajaran di SDN Karangbenda 01 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 2 bab gerakan dan bacaan wudhu masih menggunakan metode tekstual tanpa disertai dengan praktek karena keterbatasan waktu. Berwudhu dalam agama islam sangatlah penting karena hal tersebut adalah syarat wajib dalam melaksanakan ibadah sholat. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan teknologi yang sedang berkembang saat ini yaitu augmented reality yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis smartphone android.Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan perpaduan antara 2D, 3D, dan dunia nyata yang digabung dalam satu objek dengan telnologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di bidang multimedia. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil kuisioner mennjukan aplikasi ini dapat mempermudah proses belajar mengajar, mudah dioperasikan dan meningkatkan ketertarikan belajar siswa serta mengurangi rasa bosan dengan presentasi yang didapat sekitar 74 persen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Wudhu, MDLC, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Tri Mujilestari
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:30
Last Modified: 14 Sep 2022 01:30
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item