TUGAS AKHIR ; RANCANG BANGUN SISTEM KEMUDI MANUAL PADA MOBIL LISTRIK TIPE BUGGY WIJAYAKUSUMA 01

PRIHANTORO, APRIA WAHYU and ULIKARYANI, ULIKARYANI and PRABOWO, DIAN (2023) TUGAS AKHIR ; RANCANG BANGUN SISTEM KEMUDI MANUAL PADA MOBIL LISTRIK TIPE BUGGY WIJAYAKUSUMA 01. Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.

[img] Text
COVER - DAFTAR SIMBOL.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem kemudi adalah sistem yang berfungsi untuk mengubah arah kendaraan saat melaju. Sistem kemudi dalam tugas akhir ini merupakan jenis sistem kemudi dengan tipe tie rod. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menentukan radius belok yang ideal dan sudut belok yang sesuai pada saat kendaraan berbelok, membuat komponen kemudi, serta melakukan pengujian radius belok yang ideal dan sudut belok. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah dengan melakukan identifikasi masalah, studi literatur dan studi lapangan, membuat konsep awal, membuat gambar sistem kemudi, membuat komponen sitem kemudi, memeriksa kesesuaian sistem kemudi dengan rangka, perakitan sistem kemudi, dan pengujian sudut belok ideal dan radius belok. Proses perancangan sistem kemudi pada mobil listrik tipe buggy Wijayakusuma 01 dengan trackwidth 850mm dan wheelbase 1870mm menghasilkan radius radius minimal kendaraan adalah 3,5m dan radius maksimal adalah 21,4m sedangkan rata-rata sudut belok yang didapatkan dari rancangan adalah berselisih 1°-5° antara roda kanan dan kiri. Pembuatan komponen sistem kemudi dengan proses pemotongan, proses gurdi proses pembubutan dan proses pengelasan serta lead time steering shaft mempunyai total waktu 137 jam 38,456 menit dengan waktu pemotongan 113 menit, waktu gurdi 78,336 menit waktu pembubutan 30,12 menit dan waktu pengelasan 117 menit serta waktu lead time 132 jam.Pengujian sudut belok dan radius belok yang dilakukan pada sistem kemudi mobil listrik Wijayakusuma 01 menghasilkan radius belok maksimal dengan panjang 22,7m, dan menghasilkan radius belok dengan panjang 3,9m. Data tersebut mempunyai selisih 0,4m-2,2m dengan perancangan awal. Sedangkan sudut belok mempunyai selisih sudut roda 1-5° antara roda kanan dan kiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem kemudi, proses produksi, pengujian.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: APRIA WAHYU PRIHANTORO
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:43
Last Modified: 15 Sep 2023 03:43
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item