SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PEMESANAN JASA CETAK BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: STAR PHOTO & ADVERTISING)

AMALIA, RISMA NURSITA and SUPRIYONO, ABDUL ROHMAN and VIKASARI, CAHYA (2023) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PEMESANAN JASA CETAK BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: STAR PHOTO & ADVERTISING). Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Semakin beragamnya pemanfaatan website telah membuka pintu luas bagi berbagai bidang seperti instansi, bisnis, kesehatan, dan bidang lain yang terkait, begitupun dalam bidang jasa dimana teknologi bisa memberikan manfaat luar biasa. Namun, meskipun teknologi telah begitu maju, masih banyak instansi yang menggunakan sistem konvensional untuk menyimpan dan mencatat data, seperti halnya yang dilakukan oleh Star Advertising dalam pencatatan transaksi online dan offline ke nota pesanan dalam bentuk fisik. Untuk transaksi online melalui pesan singkat, admin mengambil foto nota tersebut untuk dikirimkan ke pelanggan. Namun, terkadang admin lupa tidak mengirimkan foto nota tersebut ke pelanggan dan resiko riwayat pesan yang tertimbun. Rancunya data pesanan akibat transaksi online dan offline yang dicatat dalam satu sistem juga turut mempengaruhi operasional rekapitulasi pesanan. Terkait menginformasikan status proses pesanan, terkadang terjadi ketidaksesuaian antara admin dan editor dalam menginformasikan perkiraan produk selesai kepada pelanggan. Akibatnya, baik admin maupun pelanggan tidak mendapatkan gambaran jelas mengenai sejauh mana proses produksi masing-masing pesanan yang sedang berjalan. Editor pun mengalami kesulitan dalam memahami rincian pesanan dan merasa bingung menentukan prioritas pengerjaan, karena admin hanya memberikan informasi garis besar melalui salinan nota pesanan yang rawan hilang dan keliru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Pemesanan Jasa Cetak Berbasis Website dimana sistem ini akan memberikan solusi untuk mengelola dan merekap data pesanan, membuat laporan transaksi, nota pesanan secara otomatis dan memberikan notifikasi status pesanan kepada pelanggan. Dengan adanya sistem ini, pengguna akan selalu terinformasikan mengenai progres produksi masing-masing pesanan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Prototype, metode pengujian sistem menggunakan metode blackbox testing dan menggunakan framework laravel. Hasil keseluruhan metode uji usability menyatakan sangat baik dengan prosentase rata-rata 87,82%. Kata kunci : pemesanan, metode prototype, uji usability, website

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemesanan, metode prototype, uji usability, website
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Risma Nursita Amalia
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:59
Last Modified: 25 Aug 2023 06:59
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item