TUGAS AKHIR ; MODIFIKASI TRANSMISI MANUAL DAN PENGUJIAN SEPEDA MOTOR LISTRIK (SEMOLI) GENERASI 3

MAULANA, RIAN and GIRAWAN, BAYU AJI and LAKSANA, NUR AKHLIS SARIHIDAYA (2023) TUGAS AKHIR ; MODIFIKASI TRANSMISI MANUAL DAN PENGUJIAN SEPEDA MOTOR LISTRIK (SEMOLI) GENERASI 3. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sepeda motor listrik adalah kendaraan bermotor yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energi untuk menggerakkan roda. Transmisi adalah bagian penting karena berfungsi untuk meneruskan putaran dari penggerak utama menuju roda belakang. Sepeda motor listrik sebelumnya telah dibuat di Politeknik Negeri Cilacap, yang terakhir adalah generasi 2. Hal yang menjadi pembeda dari semoli generasi sebelumnya adalah dengan menggunakan transmisi manual (gearbox) tipe constant mesh dan menggunakan kopling manual. Dengan harapan dapat menghasilkan torsi yang lebih besar, menghindari slip dan dapat menghemat penggunaan energi baterai dari hasil reduksi transmisi manual. Tujuan dari tugas akhir ini adalah Melakukan modifikasi transmisi manual tipe constant mesh untuk mengatasi berbagai medan jalan terutama medan jalan tanjakan, melakukan perhitungan elemen mesin transmisi agar didapati rasio transmisi yang lebih besar sehingga torsi yang dihasilkan dapat lebih besar dari sepeda motor listrik generasi sebelumnya yaitu sebesar 6,46, melakukan pengujian kecepatan maksimal sepeda motor listrik dengan rencana kecepatannya 50 km/jam. Metode penyelesaian yang digunakan adalah dengan pendekatan dari metode perancangan VDI 2222 yang meliputi merencana, mengkonsep, merancang, penyelesaian. Hasil modifikasi transmisi manual mengadaptasi dari transmisi gearbox tipe constant mesh sepeda motor Kawasaki Kaze, dengan penerus daya dan putaran motor BLDC menuju gearbox menggunakan rantai dan sprocket. Daya dan putaran pada gearbox akan direduksi sesuai dengan tingkat percepatannya masing-masing, lalu daya dan putaran akan diteruskan dari output gearbox menuju roda belakang menggunakan rantai dan sprocket. Sehingga roda belakang dapat berputar dan kendaraan sepeda motor listrik dapat berjalan. Diameter poros yang digunakan adalah 21 mm, bahan baut kopling yang digunakan SS50B, Rantai dan sprocket BLDC jumlah gigi 20T/20T, diameter 55 mm, jumlah mata rantai 50 pitch 9,5 mm, Rantai dan sprocket roda jumlah gigi 14T/28T, diameter sprocket kecil 65 mm diameter sprocket besar 118 mm jumlah mata rantai 108 pitch 12,5 mm. SEMOLI generasi 3 memiliki rasio transmisi 20,4 dan torsi 89,76 N.m, hal tersebut lebih besar dibanding SEMOLI generasi 2 yang memiliki rasio transmisi sebesar 6,45 dengan torsi 28,424 N.m. Terjadi peningkatan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya,kecepatan maksimal meningkat dari 39 km/jam menjadi 55 km/jam pada medan jalan datar dan dari 25 km/jam menjadi 39,6 km/jam pada medan jalan tanjakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor listrik, constant mesh, Kawasaki Kaze
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Mesin
Depositing User: Rian Maulana
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:56
Last Modified: 15 Aug 2023 07:56
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item