KHOERIYAH, KHASANATUN and WANTI, LINDA PERDANA and PRASETYANTI, DWI NOVIA (2023) TUGAS AKHIR : SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN ROMAWI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (985kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Politeknik Negeri Cilacap merupakan satu – satunya perguruan tinggi negeri yang berada di kota Cilacap. Perguruan tinggi negeri ini memiliki beberapa unit pelayanan yang ada di kampus salah satunya Subagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAK) yang bertugas untuk melayani mahasiswa dalam administrasi akademik dan kemahasiswaan. Proses penilaian kualitas pelayanan AAK sedang berjalan yaitu AAK melakukan penilaian kualitas pelayanannya dengan menggunakan kertas yang berisi kuesioner. Penggunaan kertas pada pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan AAK menyebabkan terjadinya kesulitan dalam pengelolaan. Kemungkinan terjadinya kesalahan perhitungan rekap (human error). Selain itu juga dapat terjadi kehilangan data serta besarnya biaya pengadaan kertas. Pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan AAK secara manual juga tidak dilakukan secara konsisten sehingga menyebabkan koordinator AAK kesulitan mengetahui dan monitoring kualitas pelayanan AAK. Berdasarkan permasalah tersebut, untuk mengatasinya yaitu dengan mengembangkan sistem informasi untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan akademik dan kemahasiswaan berbasis web. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode pengembangan UCD adalah metode dalam suatu perancangan desain yang berfokus pada kebutuhan user. Berdasarkan hasil keseluruhan kuesioner untuk mahasiswa dalam kategori sangat setuju/sangat baik dengan hasil rata – rata 86,44% , sedangkan hasil keseluruhan kuesioner untuk AAK dalam kategori sangat setuju/sangat baik dengan hasil rata – rata 84,61%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem ini berhasil memudahkan proses pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan dan metode pengembangan UCD berhasil dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, User centered design, Skala likert |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Khasanatun Khoeriyah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:01 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:01 |
URI: | http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/655 |
Actions (login required)
View Item |