TUGAS AKHIR : MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN KAMERA DAN TEKNIK FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY PADA SMK NEGERI 1 CILACAP JURUSAN DKV

MUDHAYA, KUKUH and SUPRIYONO, ABDUL ROHMAN and PURWANINGRUM, SANTI (2024) TUGAS AKHIR : MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN KAMERA DAN TEKNIK FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY PADA SMK NEGERI 1 CILACAP JURUSAN DKV. Diploma thesis, Politeknik Negeri Cilacap.

[img] Text
COVER, HALAMAN ROMAWI.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (342kB)

Abstract

SMK Negeri 1 Cilacap Jurusan Desain Komunikasi Visual memiliki salah satu materi tentang pengenalan kamera dan teknik fotografi. Namun berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan terdapat sebuah permasalahan yang mana siswa belum mampu menguasai materi pengenalan kamera dan teknik fotografi secara maksimal dan kurang antusias dalam belajar, karena jumlah kamera yang digunakan terbatas dan tidak diperbolehkan untuk dibawa pulang sehingga untuk memahami lebih lanjut materi pengenalan kamera dan teknik fotografi yang digunakan untuk belajar dirumah tidak memungkinkan. Selain itu, materi yang disampaikan menggunakan media belajar berupa buku dan video, sehingga pembelajaran kurang interaktif dan tidak adanya contoh dari penggunaan teknik fotografi dalam buku. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah alternatif media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Marker Based Tracking Augmented Reality berupa aplikasi pembelajaran pengenalan kamera dan teknik fotografi. Dalam proses pembuatan aplikasi menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini memiliki 6 tahapan proses, yaitu Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), dan Distribusi (Distribution). Berdasarkan pengujian alpha terhadap aplikasi menunjukan hasil pengujian “sesuai yang diharapkan”, dengan demikian aplikasi berhasil dibuat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Marker based Tracking
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Kukuh Mudhaya
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:27
Last Modified: 06 Aug 2024 00:27
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item