IRVANA, YUDHA and ULIKARYANI, ULIKARYANI and PRABOWO, DIAN (2023) TUGAS AKHIR : RANCANG BANGUN SISTEM SUSPENSI DOUBLE WHISBONE PADA MOBIL LISTRIK TIPE BUGGY WIJAYAKUSUMA 01. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.
Text
COVER.pdf Download (566kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (75kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (774kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan industri otomotif yang sangat pesat saat ini sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Salah satu faktor utama dalam menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara adalah sistem suspensi. Pegas berfungsi untuk menerima getaran atau goncangan dari roda tidak menyalur ke bodi atau rangka kendaraan. Suspensi yang akan digunakan pada Rancang Bangun Sistem Suspensi Pada Mobil Listrik Wijayakusuma 01 adalah tipe independen double wishbone dengan pegas ulir. Tujuan tugas akhir ini untuk merancang sistem suspensi, proses produksi, dan melakukan proses pengujian. Metode penyelesaian menggunakan metode Pahl and Beitz karena dibutuhkan perancangan konsep dan perancangan bentuk produk. Metode penyelesaian diawali dengan membuat konsep, menggambar desain, proses produksi dan proses pengujian. Penyelesaian tugas akhir ini diperlukan menggunakan mesin perkakas seperti mesin gurdi, gerinda potong dan pengelasan GMAW. Proses pengujian yang akan dilakukan meliputi pengujian ground clearance, defleksi pegas dan pengujian secara visual. Hasil dari perancangan dan proses produksi menghasilkan dimensi sistem suspensi pada upper arm dengan panjang 230 mm dan lebar 130 mm serta lower arm 270 mm dan lebar 170 mm dengan masing-masing tegangan yang dihasilkan oleh kedua arm yaitu 17,396 N/mm2 dan 10,173 N/mm2 . Hasil rancangan menghasilkan perhitungan beban maksimum pada pegas sebesar 584,693 kg. Total waktu proses produksi terdiri dari proses pengukuran, pemotongan, gurdi, dan pengelasan selama 6,31 jam. Hasil pengujian ground clearance dengan beban maksimum 150 kg menghasilkan ground clearance sebesar 195 dan pengujian defleksi pegas dengan beban 150 kg menghasilkan defleksi sebesar 16 mm. Proses pengujian secara visual dikatakan layak dan aman karena saat kendaraan mengalai oskilasi berdasarkan kriteria angka yang sudah ditentukan mendapatkan nilai rata�rata 2. Sehingga disimpulkan cukup aman dan nyaman saat digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : independen, double wishbone, pegas, shock absorber, ground clearance |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknik Mesin |
Depositing User: | Yudha Irvana |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 05:42 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 05:42 |
URI: | http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/1115 |
Actions (login required)
View Item |