TUGAS AKHIR : APLIKASI PEMBELAJARAN PLANET MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS : SD N MENGANTI 03)

FATIMAH, ANGGITA DWI and SUPRIYONO, ABDUL ROHMAN and BAHRONI, ISA (2022) TUGAS AKHIR : APLIKASI PEMBELAJARAN PLANET MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS : SD N MENGANTI 03). Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI CILACAP.

[img] Text
ROMAWI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mengingat berkembangnya teknologi informasi yang semakin berkembang dari tahun ke tahun, membuat banyaknya metode pembelajaran yang diciptakan untuk membantu proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang digunakan pada materi pengenalan planet dalam tata surya saat ini masih menggunakan metode tekstual di mana guru hanya menyampaikan materi tanpa disertai praktek maupun pengamatan terhadap objek secara langsung dan pembelajarannya hanya menggunakan buku teks bergambar 2 dimensi. Metode seperti ini akan membuat siswa cenderung menjadi lebih pasif dan kurang interaktif karena media gambar tidak mampu memberikan respon timbal balik, kurang terlihat nyata dan kurang menarik. Hal tersebut mengharuskan adanya metode pembelajaran dengan dukungan media yang menarik berbasis teknologi yang dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif yaitu dengan menerapkan teknologi augmented reality yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis android. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan perpaduan antara 2 Dimensi, 3 Dimensi, dan dunia nyata yang digabung dalam satu objek dan satu teknologi di bidang multimedia. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode marker based tracking, dimana memerlukan image target yang akan dipindai melalui layar smartphone. Metodologi penelitian yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil kuisioner menunjukan bahwa aplikasi ini dapat memudahkan siswa dalam memahami pengenalan planet dalam tata surya dan memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar karena lebih menarik dan interaktif dengan adanya animasi 3D dan suara sebagai penjelasan materi serta terdapat latihan soal yang merupakan feedback dari aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, android, planet, MDLC, media pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Anggita Dwi Fatimah
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:42
Last Modified: 13 Sep 2022 06:42
URI: http://elib.pnc.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item